Senin, 23 September 2013

ALUR PENGURUSAN STR TERBARU

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1796/Menkes/Per/Viii/2011 Tentang Registrasi Tenaga Kesehatan, merupakan pengganti dari Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 161/Menkes/Per/I/2010 Tentang Registrasi Tenaga Kesehatan.

Permenkes tersebut menegaskan bahwa setiap tenaga kesehatan wajib memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) sebelum tenaga kesehatan tersebut melaksanakan tugas keprofesiannya.


Alur Pengurusan STR terbaru

Alur pengurusan STR sesuai dengan kebijakan MTKI terbaru adalah sebagai berikut :
1) Pengajuan berkas persyaratan STR ke PPNI  Provinsi
2) PPNI Provinsi menyerahkan berkas persyaratan STR ke MTKP
3) MTKP menginput data dan menverfikasi
4) MTKP mengirim berupa softcopy data dan pas foto saja ke MTKI.
5) MTKI melakukan verifikasi data ulang (yang berupa softocopy) , setelah data diverikasi softcopy data siap dicetak, ditempel foto, dan disahkan lalu dibuat legalisirnya.
5) STR dan dikirim ke MTKP dan STR diambil di MTKP.


3. Syarat-syarat pengajuan STR
a) Fotocopy ijazah yang dilegalisir cap basah : sekolah perawat kesehatan/ DIII Keperawatan/ DIV keperawatan/ S1 keperawatan + profesi ners / S2 Keperawatan + ners spesialis
b) Pas Foto 4x6 dengan background merah

Untuk Pengajuan STR mulai dari Juni 2013 terkena PNBP sesuai PP.21 . Setiap orang yang mengurus membayar Rp. 100.000 dan ditransfer ke rekening Pustanserdik. bila masih belum jelas, silahkan  hubungi MTKI terlebih dahulu untuk prosedur lebih jelas dan lengkap (no telpon ada di bawah)

 


Khusus untuk pengajuan STR Luar Negeri terbagi menjadi dua:
1) Apabila yang bersangkutan sedang bekerja di Luar negeri, maka pengurusan STR sbb:
a) Fotocopy ijazah yang dilegalisir cap basah : sekolah perawat kesehatan/ DIII Keperawatan/ DIV keperawatan/ S1 keperawatan + profesi ners / S2 Keperawatan + ners spesialis
b) Pas Foto 4x6 dengan background merah
c) Fotocopy passport
d) Surat yang menyatakan bahwa Bapak sedang bekerja di Luar negeri dr instansi setempat
e) Surat rekomendasi dari Pusrengun BPPSDM Kesehatan Kemenkes RI (mohon kirim berkas terlebih dahulu ke Pusrengun) dengan alamat: Jalan. Hang Jebat III Blok F3 Kebayoran Baru Jakarta Selatan.
2) Apabila yang bersangkutan akan bekerja di luar negeri dan tidak butuh segera STR mohon diajukan ke MTKP setempat. Jika STR dibutuhkan mendesak maka diperbolehkan mengajukan ke MTKI dengan persyaratan dan prosedur sesuai dengan nomer 1 di atas.

untuk hal-hal yang tidak jelas, silahkan ditanyakan langsung ke sekretariat MTKI dengan alamat :
Jalan Hang Jebat III Blok F3 Kebayoran Baru Jakarta Selatan
No. Tlp: 021-72800743

daftar MTKI dapat dilihat di INFO PPNI tentang alamat MTKP

http://inna-ppni.or.id/index.php/17-agenda-ppni/52-daftar-kontak-mtkp-utk-str


KHUSUS PERAWAT RSCM
Khusus perawat RSCM akan dibantu melalui pengurus PPNI Komisariat RSCM. Silahkan menghubungi perwakilan pengurus di masing masing ruangan.

47 komentar:

  1. Saya lulusan perawaT tahun 2013 di salah satu STIKES di Kota Padang, saya sudah mengurus untuk mendapatkan STR, namun sampai saat ini STR tersebut masih belum keluar, saya mengurusnya ke perwakilan PPNI di Padang.,,,padahal saat ini untuk mendaftar CPNS sangat dibutuhkan.
    Jadi bagaimana cara untuk pengurusan STR tersebut agar cepat siap
    terimakasih

    BalasHapus
  2. kalo untuk S-1 keperawatan bisa bikin STR gak ya? mohon infonya _/\_
    makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selesaikan studi profesinya dahulu, setelah selesai bisa melakukan uji kompetensi Ners Indonesia (UKNI), setelah di nyatakan lulus baru bisa mengurus pembuatan STR :D

      Hapus
  3. @Diyanti Roza: Untuk STR silahkan menghubungi daftar kontak MTKP masing masing Provinsi. silahkan daftarnya dapat dilihat disini: http://www.inna-ppni.or.id/index.php/skp-online/87-agenda-ppni/110-daftar-kontak-mtkp-utk-str

    @Giginapus: Untuk S1 Keperawatan harus memiliki gelar Ners jika mau mendapatkan STR

    BalasHapus
    Balasan
    1. daftar kontak untuk sumbar salahh bapak?ibuk
      yang tertera no hp nya 0811668930
      salah kata orng tuh bapak?ibuk

      Hapus
  4. saya lulusan stikes di daerah padang juga tapi saat ini saya tinggal di jakarta selatan... apakah saya bisa mengurus STR langsung di jakarta selatan ini... terima kasih...

    BalasHapus
  5. Silahkan menghubungi PPNI Komisariat terdekat (Jakarta Selatan), kalau tidak salah ada di RS Pusat Pertamina

    BalasHapus
  6. Yth Komisariat PPNI apakah seorang tamatan Sarjana Keperawatan tanpa mengambil profesi Ners (Nurse) apakah bisa diangkat dalam jabatan fungsional (ybs saat ini bertugas di puskesmas) kalau bisa apa dasarnya kalau tidak apa alasannya ..terima kasih

    BalasHapus
  7. Yth Komisariat PPNI apakah seorang tamatan Sarjana Keperawatan tanpa mengambil profesi Ners (Nurse) apakah bisa diangkat dalam jabatan fungsional (ybs saat ini bertugas di puskesmas) kalau bisa apa dasarnya kalau tidak apa alasannya ..terima kasih

    BalasHapus
  8. Di dalam UU RI no 38 tahun 2014 tentang Keperawatan disebutkan dalam Pasal 4 Jenis Perawat terdiri atas:
    a. Perawat profesi; dan
    b. Perawat vokasi.
    (2) Perawat profesi sebagaimana dimaksud pada ayat (1)
    huruf a terdiri atas:
    a. ners; dan
    b. ners spesialis.

    Jadi jika anda Sarjana Keperawatan dan belum memiliki gelar Ners maka anda belum diakui sebagai seorang perawat yang diperbolehkan praktik dalam pelayanan keperawatan

    BalasHapus
  9. Saya dari salah satu stikes di semarang, saya ingin mengurus STR ke pusat sendiri dengan tujuan biar jadi lebih cepat, apakah dngan menguris ke pusat sendiri bisa lebih cepat, karena tanpa STR kami susah cari kerja yg diharapkan.. mohon jawabannya trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pengurusan STR jika melihat alurnya harus melalui MTKP, alur dapat dilihat disini: http://www.bppsdmk.depkes.go.id/pustanserdik/index.php/pustanserdik/halaman/35
      untuk kontak di MTKP silahkan dlihat di link berikut: http://www.inna-ppni.or.id/index.php/skp-online/87-agenda-ppni/110-daftar-kontak-mtkp-utk-str

      Hapus
  10. assalamualikumdan salam sejahtera, saya endang, saya mau tanya kalau kuliahnya diluar negara terus kita mau daftar STR di indonesia gimanaya? tolonginfonya doang, terus cara daftar nya gima? tolong di balas ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumusalaam, sepengetahuan saya, untuk lulusan luar negeri harus mengajukan penyesuaian ijazah dulu ke Dikti. silahkan dicek disini: ijazahln.dikti.go.id/

      Hapus
  11. Assalamualaikum, mau tanya kalo kantor ppni jaksel dimana ya? Dan kalau ngurus STR langsung ke MTKP tanpa ke komisariat ppni terdekat bisa atau tdk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. PPNI Jaksel bisa tanya di facebook PPNI Jaksel...karena setahu saya baru penggantian pengurus. Untuk STR harus ada rekomendasi PPNI, jadi tidak bisa langsung ke MTKP, harus ke PPNI terlebih dahulu

      Hapus
  12. bagaimana perpanjangan STR bidan , saya habis feb 2016, dan saya tidak punya 25 skp

    BalasHapus
  13. Ass? saya mau tanya saya lulusan s1 ners keperawatan tangerang seandainya mau bikin surat STR itu gimana caranya? Trimakasih.

    BalasHapus
  14. Saya lulusan spk tahun 2008 bisa urus str?

    BalasHapus
  15. ass... saya mau tanya, saya sudah mengurus STR tahun 2012...dan sudah keluar, semua data sama, cuma yang beda nama yang tercantum seharusnya M.SYAHRIL tapi yang tertulis di STR M.SAYHRIL...
    apa kah bisa dirubah kembali diwaktu perpanjangan STR...Tks

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum ... saya lulusan d3 keperawatan thn 2007 Slah satu akper pemda d sulsel.....bgmn cara pengurusan STR...terima kasih. ..mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau daftar G to G... ini kayak nya......

      Hapus
  17. Bisakah urus str bidan baru secara online? Di karenakan domisili saya berbeda provinsi dengan mtkp dimana saya lulus
    Sedangkan pada tahun lulusan saya belum di ikut sertakan uji kompetensi

    BalasHapus
  18. Mohon infonya,saya tamatan D3 keperawatan, saya tamatan dari Nias dan saat ini saya tinggal di Tangerang, bisa gak ya saya ngurus di daerah Tangerang ini.. jika bisa dimana? Apa harus ikut jalur ujian? Terimakasih

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum, tahun 2014 saya telah mengikuti ujian kompetensi d3 keperawatan . Alhamdulillah sya lulus, dan kemudian saya ajukan berkas utk pembuatan str saya. Namun sampai saat ini str saya belum kelar juga. Saya sudah tnyakan kpd ppni prov NAD, kata mereka org ppni pusat salah menginput data saya. Jd skrg saya harus bagaimana?? Terakhir kali saya ke ppni prov NAD, kata mereka str saya sedang dalam percetakan, namun sampai sekarang str saya blm sampai. Bagaimana ini?? Terimakasih.

    BalasHapus
  20. Assalamuaalaikum.saya sudah lulus uji kmpetensi pada agustus 2015 tapi sampai sekarang STR saya masih belum keluar.semua pengurusan di urusi pihak kampus.tapi kenapa ya udah 1 tahun belum kelar2

    BalasHapus
  21. Assalamuaalaikum.saya sudah lulus uji kmpetensi pada agustus 2015 tapi sampai sekarang STR saya masih belum keluar.semua pengurusan di urusi pihak kampus.tapi kenapa ya udah 1 tahun belum kelar2

    BalasHapus
  22. Asalamualaikum. Saya sudah lulus uji kompetensi pada 2013. Tapi sampai sekarang STR saya masih belum keluar. Udah 3 x pengajuan. Awalnya dr kampus ternyata dari ibi semarang belum diajukan 2013. Akhirnya 2015 saya gajukan lagi bilangnya
    dlm proses

    BalasHapus
  23. Tp smp sekarang STR blm jadi. Pas saya tlp kejakarta tidak ada berkas nama saya. Itu gimana prosesnya

    BalasHapus
  24. Saya mau tnyk saya ke lulusan 2012..str saya 2013...saya bru mendaftar ppni 2015 n saya sudah membyr ppni 2015 dan 2016..dan saya di infokan dri rmh sakit saya bekerja untuk membayar uang ppni, dri mulai dri tahun terbit str..

    BalasHapus
  25. Saya mau tnyk saya ke lulusan 2012..str saya 2013...saya bru mendaftar ppni 2015 n saya sudah membyr ppni 2015 dan 2016..dan saya di infokan dri rmh sakit saya bekerja untuk membayar uang ppni, dri mulai dri tahun terbit str..

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum. Saya mau tanya. Bagaimana jika hanya S1 apakah bisa mengajukan STR ?

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum. Saya mau tanya. Bagaimana jika hanya S1 apakah bisa mengajukan STR ?

    BalasHapus
  29. saya perawat dikepri,str saya bulan september ini habis masa berlakunya..gimna saya memperpanjang str saya,,dan saya mau tanya sertifikat nya harus 25 skp itu harus dri ppni ya bapak/ibu terimakasi

    BalasHapus
  30. bapak/ibu saya mau tanya kantor ppni dikepri dimana dan ada no telponya ,,soalnya saya mau daftar jadi anggota ppni,trimakasi

    BalasHapus
  31. Bgmna prosedur pengurusan str bgi perawat yang bekerja di luar negeri??

    BalasHapus
  32. Apa persyaratan perpanjangan str bagi tamatan alumni d3 2008-2010

    BalasHapus
  33. Apa persyaratan perpanjangan str bagi tamatan alumni d3 2008-2010

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum..saya lulus SPK thn 1995 sekarang saya sudah S1 keperawatan apakah saya bisa mengurus STR?

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum,saya mau tanya. Teman saya lulusan s1 keperawatn saja tapi bisa ikut uji kompetensi, jadi gimana ya?

    BalasHapus
  36. Pagi?? Saya lulusan thun 2015 sdh ikut ukom brpa kli tpi gak lulus,, mau tnya pngurusan STR online bisa gak??.

    BalasHapus
  37. mat mlm,,,,mau nanya. ibu saya mau urus STR....awalnya STR sudah ada dgn ijazah D1 dan STR tersebut berakhir tgl 29 agustus 2017. sekarang mau urus STR lagi tapi ibu saya sudah berijazah D3...apa ibu harus daftar baru atau daftar ulang

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Apak lulusan s1 apakah harus melanlanjut profesi dulu?

    BalasHapus